Kabupaten BuruHukum & Kriminal

Kapolsek Waesama Di Bantu Babinsa Berhasil Menangkap Pelaku Pengancaman

Namrole-LensaDaerah.com,-  Kapolsek waesama IPDA Bastian Tuhuteru dengan gerak cepat bersama anggota Polsek di bantu aparat TNI kuramil waesama memimpin pasukan dalam melakukan penangkapan terhadap pelaku ML dan MG yang di duga melakukan pengancaman terhadap korban MN dengan memakai benda tajam Parang panjang.

Penangkapan tersebut menyusul adanya laporan korban MN ke Polsek waesama oleh pelaku ML dn MG yang melakukan pengancaman dengan memakai senjata tajam berupa benda tajam/Parang panjang.

Dok usai. Lakukan Penyergapan Pelaku di TKP



Kepada media ini Kapolsek waesama B Tuhuteru melalu pesan WhAtsApnya pada Kamis, 19/5/2022 mengatakan Bahwa, Penangkap dua orang yang diduga pelaku pengancaman dengan menggunakan senjata tajam jenis Parang berdasarkan laporan polisi No : LP-B/03/V/2022/SPK/POLSEK WAESAMA/POLRES PULAU BURU

Selamat Malam Komandan, Mohon izin melaporkan telah terjadi Tindak Pidana PENGANCAMAN menggunakan Sajam yang terjadi :

TKP :
BASE CAMP KM 06 Jalur Logging PD.PANCA KARYA Desa Pohon Batu, Kec.Waesama, Kab.Buru Selatan, pada waktu Kejadian :
Pada hari Senin tanggal 16 Mei 2022 sekira pukul 14.00 Wit.

Adapun dentitas Pelaku :
1).
N : MANLAUTAN LATBUAL Pgl, LAUTAN
U : –
S : Maluku
P : Tani
A : Kawasan sungai Waeolo, Dusun Kabuty Desa Wamsisi Kec.Waesama Kab.Buru Selatan

2).
N : MAGING LATBUAL Pgl, MAGING
U : –
S : Maluku
P : Tani
A : Kawasan sungai Waeolo, Dusun Kabuty, Desa Wamsisi, Kec.Waesama Kab.Buru Selatan

3).
N : HUKUMAN LATBUAL Pgl, HUKUM
U : –
S : Maluku
P : Tani
A : Kawasan sungai Waeolo Dusun Kabuty, Desa Wamsisi, Kec.Waesama Kab.Buru Selatan.

Saksi saksi:
1).
N : MUHAMMAD UMAMITY Pgl, AMAT
U : –
S : Maluku
P : Tani
A : Kawasan Air Waeolo, Dusun Kabuty, Desa Wamsisi, Kec.Waesama Kab.Buru Selatan.

Barang bukti :
dua bilah parang panjang lengkap dengan sarung parang

Kronologis Pelaporan :
Pada hari ini Selasa Tangg 17 Mei 2022 Sekitar pukul 16.30 Wit, telah datang di Kantor Polsek Waesama seorang Pria bernama MANSUR NURLATU Alias SUR melaporkan tentang PENGANCAMAN menggunakan Sajam yang dilakukan lebih dari 1 (Satu) orang berlokasi di BASE CAMP KM 06 Jalur Logging PD.PANCA KARYA , pelapor bercerita bahwa sekitar pukul 11.30 Wit.



Pelapor bersama Saksi (Muhammad UMAMITY), diantar dengan Mobil Hilux berwarna Silver milik Perusahaan dari BASE CAMP LOKPON menuju ke BASE CAMP KM 06 untuk bertemu para Terlapor guna menyampaikan penjelasan terkait dengan sejumlah uang hasil penebangan Kayu di Lahan yg dijaga oleh para Terlapor agar tidak terjadi kesalahpahaman atau diskomunikasi antar Pihak Perusahaan dengan para Pemilik dan juga Penjaga Lahan.

Kemudian sesampainya di BASE CAMP KM 06 Pelapor dan juga Saksi beristirahat di kamar milik manager setelah beberapa saat kemudian Pelapor mendengar suara teriakan amukan dari luar yang ternyata adalah para Terlapor yang memaksa masuk ke dalam kamar tempat Pelapor berada namun dihalau oleh Saksi yang kebetulan sedang duduk di depan kamar tersebut.

Pelapor menambahkan bahwa dirinya mendengar suara kata-kata ancaman Dan bahasa tidak pantas yang dilontarkan oleh para Terlapor lewat celah ruangan 2 (Dua) orang Terlapor mencabut Sajam (Parang), sambil meneriaki kata-kata ancaman kepada Pelapor sehingga membuat Pelapor tidak nyaman dan panik akibat ulah para Terlapor tersebut.
Permasalahan ini diduga akibat Keterlambatan pembayaran Ve Kayu .

Tindakan Kepolisian :
1. Menerima Laporan
2. Mengumpulkan keterangan saksi-saksi
3. Melakukan panangkapan terhadap dua pelaku yang di duga melakukan pengancaman

Pada hari Rabu tanggal 17 Mei 2022 sekitar pukul 13:25 WIT, berdasarkan informasi korban, Kapolsek IPDA BASTIAN TUHUTERU, S.Pd. M.Th dan BRIPKA GLEN SAMALO dengan menggunakan kendaraan roda empat milik perusahan manuju Camp PD. Panca Karya di KM 06 Desa Pohon Batu Kec. Waesama.



Selanjutnya bersama BRIGPOL ARIF HIDAYAT, SERKA ANAS BUAMONA (BABINSA DESA POHON BATU) dan SERKA SAID UMAMITY (BABINSA DESA HOTE) dari Koramil Waesama dari camp perusahan di KM 06 berjalan kaki melintasi hutan dan sungai dengan jarak tempuh kurang lebih 10 KM menuju rumah saudara MANLAUTAN LATBUAL dan HUKUMAN LAUTAN yang diduga melakukan pengancaman dengan senjata tajam jenis Parang terhadap korban saudara MANSUR NURLATU, di daerah Waeolo

Pada pukul 15.30 wit Kapolsek dan tim mengamankan dua orang dengan metode kearifan lokal Kai Wait dengan cara membawa SIRI PINANG KAMTIBMAS diantaranya
1. MANLAUTAN LATBUAL
2. HUKUMAN KATBUAL
(yang diduga melakukan pengancaman dengan menggunakan senjata tajam jenis Parang) selanjutnya Kapolsek waesama dan tim dengan membawa kedua pelaku tersebut ke camp PD. panca Karya di KM 06 desa pohon batu.

Pada pukul 16.00 WIT Kapolsek waesama bersama tim membawa kedua pelaku dengan menggunakan kendaraan roda empat milik perusahan kembali ke Polsek Waesama dan tiba pukul 17:35 WIT dalam keadaan baik dan aman selanjutnya kedua pelaku untuk sementara diamankan di Polsek Waesama

Demikian yang dapat dilaporkan perkembangan lanjut akan dilaporkan kemudian mohon petunjuk dan arahan KA, kata Kapolsek waesama IPDA BASTIAN TUHUTERU, S.Pd. M.Th.

Perlu di apresiasi terkait kenerja pihak Polsek waesama bersama jajarannya dan Kuramil waesama bersama anggota babinsanya yang bertugas di wilayah NKRI dalam menuntaskan pelaku kejahatan pidana yang sering di lakukan para oknum yang tidak bertangung jawab. Sehingga kedepanya tidak lagi terjadi hal-hal negatif yang kita tidak inginkan bersama. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button