Homepage

Bupati Bursel Dan PCPS Bahas Wisata Eco Resort

Namrole,- LensaDaerah.Com, Pengurus Cabang Perkumpulan Senior (PCPS) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia di Buru Selatan (Bursel) menggelar wisata karya bersama Bupati, Hj Safitri Malik Soulisa berlangsung di Destinasi Wisata Eco Resort Wansoba di Namrole, Sabtu, 14 Mei 2022.

Dalam agenda wisata karya tersebut, Ketua Perkumpulan Senior GMKI Bursel, Steven Kailola dan Pengurus berdiskusi dengan Bupati terkait gerakan peduli pendidikan di Bursel, terkhusus pada wilayah komunitas adat.

Kegiatan dimaksud dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, dengan tema bangkit untuk mencerdaskan anak bangsa yang digagas, Ketua bidang advokasi dan kajian sosial GMKI, Chrestian Ruhupessy.



Dalam diskusi itu, Ketua PCPS GMKI Bursel, Steven Kailola menyampaikan bahwa mutu pendidikan pada komunitas adat di Bursel sangat rendah, dengan sampel yang di ambil pada beberapa sekolah dasar di Kecamatan Namrole yakni pada Desa Namrinat, Dusun Kilo 7, Kilo 9, Dusun Fatsinan dan Dusun Walapau harus diperhatikan oleh UPTD dan dinas pendidikan setempat.

Selanjutnya, Pengurus GMKI juga memaparkan dan menyerahkan dokumen hasil penelitian terkait mutu pendidikan pada sejumlah sekolah di daerah komunitas adat kepada Bupati Bursel.

Pada kesempatan itu, Bupati Bursel Safitri menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah pusat dan daerah memiliki komitmen tinggi, untuk terus mendorong pelayanan dan mutu pendidikan dengan menambah tenaga pendidik.



Sehingga terjadi peningkatan kualitas pendidikan yang dampaknya akan dirasakan dalam jangka panjang oleh Masyarakat.

Iya mengatakan, pemerintah daerah terus mendorong infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusia saat ini, tentu saja tidak serta mengubah lebih baik, pasti ada keterbatasan.

Namun, salah satu program prioritas daerah dan pusat adalah membangun sumber daya manusia (SDM) unggul melalui pendidikan.

Merespon persoalan pendidikan pada komunitas adat tersebut, Bupati Bursel akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan untuk menjawab persoalan di maksud.

Iya juga mengingatkan kepada guru yang mengajar pada wilayah komunitas adat di Bursel agar pentingnya kehadiran guru di sekolah sehingga aktifitas pendidikan dapat terlayani dengan baik.

Bupati juga menegaskan pentingnya pemenuhan hak-hak guru yang dikelola secara profesional, baik oleh UPTD dan Dinas pendidikan di Bursel.

Selanjutnya, keluarga juga berperan penting dalam proses pendidikan anak agar pendidikannya dapat berjalan dengan baik.

“Untuk menyelesaikan masalah pendidikan di daerah, kita harus kerja keroyokan dengan partisipasi semua pihak termasuk GMKI,” tandas Safitri Malik Soulisa.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button