Organisasi KepemudaanProvinsi Maluku

Tanggapan HmI soal Fakumnya Pengurus KNPI Kota Tual. inilah ulasannya

Mifta Songjanan, Kabid PTKP HmI cabang Tual - Malra

Tual – Lensadaerah.com,-  menanggapi berbagai macam sorotan dan komentar soal penilaian sikap Apatis peran pengurus KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kota Tual belakangan ini, menjadi diskusi gelar tikar dikalangan para aktifis pemuda di kota Tual.

sementara itu dalam menyikapi wacana tersebut, HmI (Himpunan Mahasiswa Islam) Cabang Tual-malra melalui bidang PTKP (Pengurus Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda) kepada media ini mengatakan, kemungkinan besar telah terjadi masalah dalam internal kepengurusan KNPI di Kota Tual, sebab dilihat dari kenyataan yang ada, dengan ketidak patuhan terhadap konstitusi dan tidak produktifnya untuk mengawal agenda Kepemudaan di Kota Tual yang seharusnya menjadi peranan penting, justru KNPI sendiri malah banyak mengabaikan program-program prioritas kepemudaan , apalagi saat situasi pandemi covid19 , hal tersebut menurut HmI cabang Tual akan sangat merugikan Kepengurusan KNPI Kota Tual kearah kefakuman dan berdampak kegagalan yang cukup serius.

inilah tanggapan Mifta songjanan selaku Pengurus Bidang PTKP HmI Cabang Tual-Malra dengan sikapnya saat dikonfirmasi wartawan di kegiatan Basic Training LK 1 , tepatnya di gedung lt.2 Aula Kemenag Kota Tual Jl.Baldu Hadat Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual baru-baru ini.

melalui media Lensadaerah.com, Miftah sangat sesalkan kondisi rapuhnya pengurus KNPI yang akhir-akhir ini jauh dari harapan dan sangat memprihatinkan atas fakumnya pengurus Kota Tual. sehingga dengan ini HmI cabang Tual angkat bicara dan menyuarakannya agar ada perhatian dari teman-teman yang tergabung dalam organisasi cipayung agar bisa menyikapi serius atas kondisi fakumnya KNPI Kota Tual saat ini.

” Kami selaku Pengurus HmI Cabang Tual dan Malra yang tergabung dalam Cipayung ini menilai, bahwa pada kepengurusan KNPI yang sekarang, kami anggap telah menciptakan kegagalan besar dalam mengakomodir potensi para pemuda yang ada di Kota Tual. yang seharusnya KNPI sendiri diharapkan bisa menjadi payung bagi seluruh organisasi cipayung , namun pengurus KNPI saat ini lebih cenderung sibuk mengurusi kegiatan pribadinya masing-masing, dan kami pun yang tergabung di kepemudaan cipayung ini, tidak tahu arah agendanya kemana. entah mengapa hal demikian bisa terjadi pada kepengurusan KNPI kali ini, sehingga ini membuktikan sikap yang Apatis dan tidak adanya tanggung jawab yang baik oleh Pengurus” ucapnya


lanjut miftah, sebagai pemuda dan juga pengurus HMI cabang Tual-Malra, kepada KNPI Kota tual harus segera diRestorasi kepemimpinannya agar ada penyegaran kepengurusan yang nantinya diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat peran kepemudaan guna menjawab problematika umat di Daerah Kota Tual yang kita cintai bersama ini.

miftah juga menambahkan, berdasarkan diskusi dan kajian HmI soal peran kepemudaan akhir-akhir ini di Kota Tual. KNPI di kota Tual saat ini kami beranggapan bukan lagi seperti wadah yang menjadi payung bagi organisasi kemahasiswaan ataupun pemuda. sebab tidak adanya respon membangun dalam mengawal agenda Daerah kota Tual .

mandeknya Peran KNPI sebab Kepengurusan yang lalai akan tugas dan kewajibannya yang juga dinilai sudah tidak Produktif lagi sehingga dalam menyikapinya, HmI menyarankan kepada rekan-rekan Cipayung agar lebih memperhatikan dengan serius arah KNPI Kota Tual ini kedepan.


“Kalaupun apa yang di sampaikan kami (HmI) ini tidak di anggap serius oleh KNPI kota tual, Maka dipastikan pengurus HMI Cabang Tual-Malra akan turun gunung dan menyikapi secara langsung, sebab KNPI kota tual yang sekarang ini, dilihat tidak lagi seperti organisasi kepemudaan melainkan seperti organisasi politik, karena tidak bisa melihat pada kepentingan pemuda Kota Tual secara komprehensif, melainkan lebih fokus kepada hal-hal yang bersifat praktis tanpa arah yang jelas, sehingga perlu kami (HmI) suarakan untuk meluruskan tujuan Kepemudaan yang sebenarnya”. tegasnya


tutur mifta apa lagi di masa-masa pandemi covid-19 seperti ini, justru seharusnya diharapkan KNPI berperan aktif di garda terdepan. Maka dari itu selaku elemen kepemudaan cipayung di kota tual, kami Pengurus HMI Cabang Tual-Malra akan terus mengikuti perkembangan lembaga Komite Pemuda ini.

terakhir, Pada prinsipnya segala bentuk catatan ini adalah bentuk kepedulian serta kecintaan terhadap KNPI sebagai lembaga yang membawahi Pemuda secara universal demi mewujudkan pemuda yang berkontribusi bagi daerah dan masyarakat. dan kemudian perlu digaris bawahi bahwa kami (HmI) cabang Tual masih memberikan kesempatan dan waktu agar segera secepatnya membenahi dan tertibkan kepengurusan lembaga komite ini agar produktif kembali, dan berharap semoga penyakit-penyakit apatis ini tidak berkembang menjalar ke organisasi cipayung di Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara. tutup Miftah Kabid PTKP HmI Cabang Tual-Malra.

(LD-1)

Editor : Redaksi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button